remaja yang membanggakan indonesia dengan penelitiannya

Membanggakan! Belasan Kali Penelitiannya Ditolak Di Indonesia, Pelajar Ini Malah Di Undang Ke Kantor Google Untuk Presentasi

Posted on

remaja yang membanggakan indonesia dengan penelitiannyaGadgetNesia – Salah satu pelajar SMAN 8 Yogyakarta membuat indonesia bangga terhadap  dirinya, pasalnya Crisstopher Farrel Millenio Kusumu salah satu pelajar di SMAN 8 Yogyakarta tersebut mendapat undangan dari salah satu perusahaan terkemuka di dunia yaitu Google. Pelajar tersebut diundang untuk mempresentasikan hasil dari penemuan dan penilitiannya di kantor Google yang bertempat di  California.

Sebelumnya, Penelitian yang dilakukan oleh farrel beberapa kali ditolak diberbagai ajang kompetisi di Indonesia. Namun meskipun telah belasan kali ditolak dengan menggunakan Judul penelitian yang sama ia tak pantang menyerah. Farrel kemudian iseng untuk mengajukan hasil dari penilitiannnya yang sempat belasan kali ditolak ke Google.

Penilitian yang diberi judul Data Compression using EG and Neural Network Algorithm for Lossless Data” penelitian tersebut berfungsi untuk compress data atau mengecilkan sebuah ukuran file. penelitian tersebut menggunakan saraf tiruanyang berfungi untuk mencari pola data agar dapat di Compress.

Dia mendapat informasi tentang Google yang sedang membuat ajang penilitian, hal ini membuat ia mencoba unuk mengirimkan  proposal hasil penilitiannya ke Google. Selang seminggu farrel mendapatkan Email masuk yang memberitahukan bahwa penilitian yang ia kirim lolos.

Namun, Farrel harus menghadapi sebuah wawacara untuk memastikan bahwa hasil penilitiannya tersebut merupakan asli hasil karyanya. setelah dinyatakan lolos wawancara, Farrel masih bingung dengan biaya akomodasi untuk pergi ke California.

“Saat dinyatakan lolos wawancara, satu yang saya pikirkan, yakni uang, karena tidak ada biaya akomodasi. Lalu saya hanya ada waktu dua minggu untuk mengurus surat-surat, termasuk mencari uang akomodasi. Tapi ternyata Tuhan memberi jalan, dapat sponsor dan mengurus visa bisa cepat, sampai akhirnya berangkat,” ujar Farrel.

Di California Farrel harus mempresentasikan hasil penilitiannya terhadap para peserta yang lolos dari berbagai negara yang telah diundang ke Kantor Google. Disana para peserta saling berbagi dan terbuka terhadap ide – ide para peserta.

Dibalik kesuksesan yang telah didapatkan oleh farrel dari hasil penitiannya,Ia sebelumnya tidak diapresiasi dengan hal tersebut oleh Indonesia, belasan kali mengikuti ajang baik regional dan nasional penelitiannya tidak diapresiasi, namun sangat diapresiasi oleh Google yang berada di Amerika. Karena indonesia masih menilai dari satu sudut pandang tanpa melihat potensi yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *