Kerentanan TOR Browser

Ditemukan Kerentanan Bocornya Ip Addres Asli Pada TOR Browser, Pengguna Diharap Melakukan Update

Posted on

Kerentanan TOR BrowserGadgetnesiaMungkin kalian tidak asing lagi dengan yang namanya TOR Browser, Sebuah Aplikasi search enggine yang sering digunakan untuk berselancar di sisi lain internet yang kita kenal atau banyak yang menyebutnya Deep Web.Deep Web sendiri tidak dapat terindex oleh search enggine, Dan memiliki ciri – ciri terdapat kata “onion” pada urlnya.
Banyak sekali yang menganggap Deep Web hal yang menyeramkan karena mereka menganggap Deep Web tempat yang negatif seperti perkumpulan hacker, jual beli narkoba ,dll . mereka juga beranggapan bahwa jika menggunakan Ip Addres Asli komputer yang digunakan bisa terkena Hack.

sehingga mereka membutuhkan sebuah serach enggine khusus yang digunakan. rata – rata orang indonesia menggunakan “Tor Browser” untuk berselancar di Deep Web. Tor Browser sendiri sama dengan search enggine lainnya. yang membedakan adalah ketika akan mengakses sebuah situs Tor akan mengambil data yang akan diakses dan akan melalui komputer komputer lain secara acak minimal hingga 3 dari 4000. sehingga ip asli kita tidak akan diketahui.

Pada Hari Kamis (26/10/17) salah Satu CEO perusahaan yang bergerak di keamanan digital telah mengungkapkan dan menyerahkan kerentanan yang ditemukan dan telah dilaporkan kepada Pengembang TOR Browser.

Kerentanan tersebut ditemukan pada Tormoil yang disebabkan karena masala pada mozila. kerentanan ini terjadi pada Mac dan Linux. sedangkan untuk Windows masih aman – aman saja.


Di lansir dari Laman thehackerews.com  kerentanan tersebut karena masalah pada mozila dalam “penanganan file: // URLs.” TorMoil dipicu saat pengguna mengeklik tautan yang dimulai dengan file: // alamat, bukan alamat https: // dan http: // yang lebih umum.

“Karena adanya bug Firefox dalam penanganan file: // URL adalah mungkin pada kedua sistem bahwa pengguna membocorkan alamat IP mereka.

Dengan Hal Itu pengambang TOR telah merilis TOR Browser versi 7.0.9 yang dikhususkan untuk pengguna Mac dan Linux. karena penemuan kerentanan yang telah dilaporkan oleh CEO Perusahaan We Are Segment.

Perilisan TOR tersebut ditujukan untuk mencegah terjadinya kebocoran IP Addres sesungguhnya milik pengguna. sehingga dirilislah TOR Browser untuk menangani solusi sementara masalah tersebut.

Perbaikan yang dilakukan oleh pengembang TOR sesuai dengan bug yang ditemukan, yaitu pada penganan “file://urls” perbaikan tersebut secara khusus ketika memasukkan dengan format file://urls maka urls tersebut akan error.

Pengembang TOR juga  juga mengatakan tidak ada bukti kerentanan TorMoil telah dieksploitasi secara aktif oleh hacker untuk mendapatkan alamat IP pengguna Tor. unuk windows ketika diuji kerentanan tersebut tidak berpengaruh.

Namun, kurangnya bukti tidak membuktikan bahwa bug tersebut tidak dieksploitasi oleh penyerang negara dan hacker terampil, mengingat tingginya permintaan Tor zero-day exploit di pasar, di mana Zerodium siap untuk membayar siapa pun $ 1 Juta untuk eksploitasi. Dalam upaya menjaga privasi penggunanya tetap terlindungi.

buat kalian pengguna TOR browser di Mac Dan Linux  segera lakukan Update ke versi terbarunya untuk menangani kerentanan yang telah ditemukan.sedangkan untuk pengguna di windows tetaplah berhati – hati. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *