Aplikasi Whatsapp

Waspada!! Aplikasi WhatsApp Palsu Telah DiUnduh Lebih Dari Satu Juta Pengguna, Andakah Salah Satunya?

Posted on

Aplikasi WhatsappGadgetnesiaBelakangan ini telah ditemukan sebuah aplikasi WhatsApps Palsu pada Android Google Play Store. WhatsApp tersebut berasal dari para pengembang palsu yang berpura – pura menjadi pengembang WhatsApp Asli yang Sah milik facebook.

Mereka memberi Julukan Update WhatsApp Messenger, yangberasal dari pengembang aplikasi yang berpura-pura menjadi layanan WhatsApp aktual dengan judul pengembang “WhatsApp Inc.” – judul yang sama dengan yang digunakan utusan WhatsApp yang sebenarnya di Google Play.

Aplikasi Tersebut diberi Nama yang sama dengan aplikasi yang sebenarnya yaitu “WhatsApp Inc” , Pasti anda bertanya – tanya bagaimana para developer palsu menciptakan nama yang sama pada aplikasi buatanya sehingga tidak terdeteksi oleh google play store. 

ternyata para pengembang palsu telah menyelipkan sebuah unicode pada nama aplikasi mereka yang seharusnya yaitu WhatsApp Inc. menjadi WhatsApp + Inc% C2% A0. hal ini tidak akan dapat diketahui oleh pengguna penjelajah playstore.

Menurut Redditor, Dilansir dari laman thehackernews.com ,Aplikasi palsu tersebut diketahui pada hari jum’at minggu lalu, Aplikasi tersebut bukanlah aplikasi obrolan atau sosial media melainkan sebuah aplikasi yang penuh dengan iklan.

Bukan hanya penuh dengan iklan, aplikasi tersebut juga akan menyuruh kita untuk mendownload aplikasi pihak ketiga yang juga diberi nama dengan “whatsapp.apk” yang juga merupakan aplikasi palsu.Aplikasi ini juga mencoba untuk menyembunyikan dengan tidak memiliki judul dan memiliki ikon kosong. 

Pengguna diharapkan berhati – hati, jika anda salah satu dari satu juta pengguna yang telah mendownload aplikasi whatsapp palsu tersebut segera lakukan uninstal aplikasi tersebut. sebelum aplikasi tersebut melakukan infeksi virus atau sejenisnya tanpa kita sadari menyerang ponsel pintar milik kita.

Pihak Google Playstore telah berupaya menanggulangi hal tersebut dengan menghapus aplikasi tersebut dari daftar di playstore dan telah menyiapkan sebuah bug bounty untuk mencari aplikasi palsu dan berbahaya yang berteberan di Google Play Store.

pengguna disarankan untuk lebih waspada saat mengunduh aplikasi tidak hanya dari penyedia aplikasi pihak ketiga, tetapi juga dari Google Play Store resmi untuk melindungi Smartphone Milik Kita. (TR/GN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *